» » Jalan Inspeksi Kali Malang Rusak 5 Kilometer

Jalan Inspeksi Kali Malang Rusak 5 Kilometer

Penulis By on Monday, February 1, 2010 | No comments



Bekasi - Jalan Inspeksi Kali Malang yang menghubungkan wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, rusak berat sepanjang 5 kilometer. Titik kerusakan membentang mulai dari Kecamatan Cibitung sampai Cikarang Barat. Bahkan beberapa bagian tidak lagi beraspal dan menjadi kubangan air pada musim hujan kali ini.

Wakil Bupati Bekasi Darip Mulyana mengatakan perbaikan jalan Inspeksi Kali Malang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. "Tetapi kami belum punya anggaran perbaikan," kata Darip, kepada Tempo, Ahad (31/1).

Darip meminta warga bersabar. Dia memastikan bantuan dana dari Provinsi Jawa Barat cair pada anggaran tahun ini. "Lelang proyek dan pengerjaan jalan bisa dilaksanakan pertengahan tahun," kata dia.

Dari pantauan Tempo, ruas jalan Ispeksi Kali Malang rusak karena banyak dilalui kendaraan berat milik industri. Masalah lain, struktur tanah labil berada persis di samping kali.

Beberapa bagian jalan bahkan longsor, dan sebagian lagi aspalnya bergelombang. Kubangan jalan saling menyambung ketika musim hujan tampak seperti kolam ikan lele.

Seorang pengguna jalan, Ichman Hasani, mengeluh namun tidak punya pilihan jalur lain setiap pulang pergi dari kantor pemerintah daerah Kabupaten Bekasi di Kawasan Deltamas ke Kota Bekasi. "Jalur ini paling dekat tapi rusaknya parah," kata dia. "Kalau lewat pasti becek."

Sementara itu, Kawasan Lippo Cikarang akan membuka akses tol Jakarta-Cikampek di Kilometer (Km) 34.700. Saat ini, pengelola kawasan telah mendapat gambar/ desain pintu tol dari Departemen Pekerjaan Umum dan PT Jasa Marga.

Dengan dibukanya tol Lippo itu, akses langsung dari kawasan industri masuk tol Jakarta- Cikampek bertambah. Sebelumnya, kawasan Deltamas, dan Grand Wisata telah lebih dulu memiliki akses tol sendiri.

Selain itu, pembangunan jalan antarkawasan terus didorong. Bagian yang sedang dikerjakan adalah, jalan antara Lippo Cikarang dengan MM2100 sepanjang 1,5 kilometer. (Temp)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya