» » » Sektor Properti Di Bekasi Tumbuh Pesat

Sektor Properti Di Bekasi Tumbuh Pesat

Penulis By on Monday, June 23, 2014 | No comments

Bekasi - Kendati industri manufaktur di Kota Bekasi mengalami penurunan, Pemkot Bekasi memprediksi sektor properti tahun ini akan tumbuh pesat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk.

Kenaikan sektor properti di Kota Bekasi didukung oleh pertumbuhan penduduk yang tiap tahun mengalami peningkatan 3%-4%. Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota

Bekasi pada 2012 menyebutkan jumlah penduduk Kota Bekasi sebanyak 2,3 juta jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 1,2 juta jiwa dan perempuan 1,1 juta jiwa yang tersebar di 12 kecamatan.

Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi Eka Hidayat Taufik menyatakan sektor perumahan merupakan kebutuhan primer selain  sandang dan pangan bagi seluruh masyarakat. Permintaan unit rumah yang akan dibangun, kata dia, terus meningkat sejalan dengan penduduk jumlah penduduk yang tiap tahun meningkat 4%.

Eka memaparkan kenaikan industri properti dapat dilihat dari jumlah Izin Membangun Bangunan (IMB) yang dikeluarkan melalui Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT)

Kota Bekasi.  “Di sini sudah tidak bisa lagi dikembangkan industri manufaktur. Makanya Para investor lebih memilih industri properti atau perumahan,” papar Eka kepada Bisnis, Minggu (22/6/2014).

Data BPPT menyebutkan IMB yang dikeluarkan pada 2010 sebanyak 5.209. Jumlah perizinan meningkat pada 2011 yakni 9.519. Pada tahun berikutnya mengalami penurunan jumlah  perizinan hanya 8.834. Dari jumlah tersebut, perizinan didominasi sektor rumah tinggal sebanyak 3.203 disusul kemudian perizinan sektor properti yang berorientasi bisnis sebanyak 1.732.

Eka memaparkan penurunan perizinan bukan berarti sektor properti terhambat, akan tetapi sebaliknya,  para investor pada tahun tersebut sedang fokus membangun properti.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya