» » » Disdik Kota Bekasi Jamin PPDB Lebih Transparan

Disdik Kota Bekasi Jamin PPDB Lebih Transparan

Penulis By on Sunday, June 29, 2014 | No comments





Bekasi - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2014/2014) mulai Senin (30/6/2014). PPDB seratus persen "online" tahun ini dijamin akan lebih transparan dengan pemberlakuan sistem PIN.


Kepala Bidang Bina Program Disdik Kota Bekasi Agus Enap mengatakan, masa PPDB dibuka. selama sepekan, yakni mulai 30 Juni 2014 hingga 5 Juli 2014. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PPDB tahun ini diselenggarakan dengan mengimplementasikan sistem PIN.

"Melalui sistem ini, semestinya tidak lagi terjadi penumpukan pendaftar di sekolah-sekolah tujuan. Pendaftar bisa mendaftar di sekolah yang tujuan secara "online" dan memantau pergerakan peringkatnya secara "online" pula," kata Enap saat dihubungi Minggu (29/6/2014).

Untuk tahun ini, pendaftar dapat memilih tiga sekolah tujuan yang diingininya. Namun penentuan sekolah dilakukan secara bertahap. "Kalau sudah tergeser di sekolah tujuan pertama, bisa memilih sekolah tujuan kedua. Kalau tergeser lagi, masih ada kesempatan ketiga," katanya.'

Kesempatan tiga kali memilih itu berlaku selama masa pendaftaran PPDB yang berakhir pada Sabtu (5/7/2014) pada pukul 14.00 WIB. Adapun pengumuman bisa diakses pada Selasa (8/7/2014).

Enap menambahkan, selain melalui jalur "online", pendaftar juga bisa mencoba jalur prestasi yang hanya dibuka di SMAN 8. Ada tiga rombongan kelas yang diperuntukkan menampung siswa-siswa berprestasi di bidang olahraga.

Untuk jalur ini, pendaftar diwajibkan melampirkan sertifikat penghargaan sebagai bukti prestasi yang pernah diraih. Pembobotan nilai ditentukan tingkatan prestasi yang diraih. "Selain itu pendaftar juga harus mengikuti tes sesuai cabang olahraga yang digelutinya. Untuk ini, kami menggandeng tim khusus beranggotakan KONI, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kota Bekasi, serta pelatih cabang olehraga asal SMAN 8," katanya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya