» » » Tambah Truk Sampah, Bekasi Yakin Raih Adipura 2013

Tambah Truk Sampah, Bekasi Yakin Raih Adipura 2013

Penulis By on Monday, June 11, 2012 | No comments



Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan akan kembali meraih Adipura sebagai kota metropolitan terbersih pada 2013, melalui berbagai evaluasi kinerja.

"Hitungan saya, kita harus menambah minimal 90 truk sampah lagi untuk meraih Adipura. Tapi itu baru bisa terealisasi pada 2013 mendatang," ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Menurut dia, jumlah truk yang ada saat ini kurang memadai untuk mengangkut seluruh sampah rumah tangga di wilayah setempat.

Dinas Kebersihan Kota Bekasi, katanya, tengah mengajukan penambahan truk tersebut secara berkala. Pada 2012, telah diajukan 32 truk tambahan untuk operasional pengangkutan sampah.

Dikatakan, armada yang dimiliki saat ini baru 102 unit, sepuluh di antaranya diperoleh dari hasil pengadaan tahun 2011. Sementara sisanya adalah kendaraan lama yang dirakit pada tahun 90-an.

"Sisanya akan kita tambah secara berkala," ujarnya.

Dinas Kebersihan juga meminta pengadaan bak kontainer untuk ditempatkan di sejumlah lokasi. Dari 40 unit bak kontainer yang diajukan, sebagian disetujui pengadaannya.

"Kontainer juga masih kurang sekitar 100 unit lagi, karena jumlah TPS liar banyak sekali. Dengan adanya kontainer, diharapkan TPS liar bisa dikurangi karena warga dapat membuang sampahnya di kontainer," katanya.

Rahmat juga mengkritisi sejumlah kegiatan Adipura 2011 pada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang cenderung seremonial belaka dan kurang tepat sasaran.

"Kita akan kurangi kegiatan-kegiatan instansi yang sifatnya seremonial," ujar politisi Golkar itu.

Untuk meraih target Adipura 2013, kata dia, Pemkot Bekasi akan lebih membangun kerja sama dengan masyarakat dari berbagai komunitas.

"Kita juga akan libatkan lagi TNI dan Polri agar bersama masyarakat bahu membahu menjaga lingkungan," katanya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya