» » » » Pembinaan PSK di Bekasi masih Minim

Pembinaan PSK di Bekasi masih Minim

Penulis By on Saturday, April 30, 2011 | No comments



Bekasi - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi, Jawa Barat menilai upaya pembinaan berkelanjutan terhadap para pekerja seks komersial (PSK) yang terjaring razia di wilayah itu oleh petugas panti rehabilitasi sosial masih minim.

"Minimnya pembinaan itu mengakibatkan PSK terus kembali beroperasi di jalanan meskipun telah mendapatkan pembinaan di panti rehabilitasi sosial," kata Kesatpol PP Kota Bekasi, Dedi Djuanda, di Bekasi, Jumat (29/4).

Menurut dia, dalam gelar razia Operasi Penyakit Masyarakat yang berlangsung, Kamis (28/4) malam, pihaknya mengamankan 14 PSK. Empat di antaranya merupakan PSK yang sudah pernah terjaring razia sebelumnya dan telah mengikuti pembinaan.

"Motif ekonomi selalu menjadi alasannya. Padahal pembekalan selama pembinaan di panti rehabilitasi rasanya cukup. Tak hanya keterampilan, mereka juga dibekali modal untuk mulai membangun usaha sendiri supaya mandiri. Akan tetapi kenyataannya tetap saja mereka kembali menggeluti pekerjaan seperti ini," katanya.

Ketidakjelasan kelanjutan pembinaan terhadap para PSK yang terjaring itu, kata Dedi, dikarenakan rendahnya keterlibatan Dinas Sosial (Dinsos) dalam aktifitas tersebut, minimal dapat berperan aktif merancang kegiatan-kegiatan lanjutan pascapembinaan.

"Yang ada sekarang, pengiriman PSK yang terjaring saja masih kami yang melakukan. Padahal itu sebenarnya tugas mereka," keluh Dedi.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya