» » » 95 Siswa SD di Bekasi Terlibat Narkoba

95 Siswa SD di Bekasi Terlibat Narkoba

Penulis By on Sunday, August 8, 2010 | No comments



Bekasi - Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Narkotika Kota Bekasi, Jawa Barat, Sopandi Budiman menyatakan 95 anak sekolah dasar (sd) di wilayah setempat terlibat penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba).

Jumlah itu, lanjut dia, berdasarkan data pada 2009, dengan 461 kasus penyalahgunaan narkoba dengan jumlah tersangka 645 orang. "Dari jumlah kasus tersebut didominasi usia remaja yang masih duduk di bangku SD hingga perguruan tinggi. Data pada tahun itu menyebutkan 95 anak terlibat narkoba mulai jenis lem hingga
ganja," katanya, Sabtu (7/8).

Sopandi Budiman merinci, data anak-anak usia remaja yang tersangkut masalah penyalahgunaan narkoba di Kota Bekasi adalah siswa SD 95 orang, SMP 143 orang, SMA 369 orang dan mahasiswa 43 orang.

"Ini sudah sangat memprihatinkan, ada 95 murid SD menggunakan narkotika, jumlah itu belum termasuk anak-anak yang putus sekolah," katanya.

Untuk menekan angka pengguna narkotika pada usia remaja, kata Sopandi, dibutuhkan peran serta seluruh pihak. "Penanggulangan bahaya narkoba tidak saja membutuhkan komitmen dan kesanggupan semua pihak. Tetapi juga aksi nyata semua jajaran pemerintahan, penegak hukum, sektor pendidikan maupun pihak legislatif dan masyarakat," ujarnya.

Ia mengimbau pihak terkait agar tidak segan menginformasikan kepada BNK dan polisi bila ada warga yang menggunakan narkotika jenis apapun. (sumber)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya