» » Anak Pemulung yang Dipasung Mulai Membaik

Anak Pemulung yang Dipasung Mulai Membaik

Penulis By on Tuesday, February 23, 2010 | No comments



Bekasi - Balita yang dipasung selama tiga tahun, Gia Wahyuningsih (5), menunjukkan perkembangan yang baik. Sehari dirawat di ruang anak kelas III Rumah Sakit Daerah Kabupaten Bekasi, berat badannya naik 0,2 kilogram.

Dokter ruang anak rumah sakit Bekasi dr Mega Ayu Siwi Handayani, mengatakan berat badan Gia ketika masuk rumah sakit Senin (22/2) sore, hanya 11 kilogram saja. Hingga sore ini, beratnya menjadi 11,2 kilogram.

Yang tidak kalah menggembirakan, Gia mulai bisa diajak berbicara juga bermain. Setiap kali biskuitnya habis, dia bicara kepada perawat, "tambah".

"Perkembangannya sangat baik sekali, dia (Gia) juga sudah bisa bicara," katanya, Selasa (23/2) sore.

Gia dipasung orangtuanya Bachtiar Angkotasan (48), sejak tiga tahun lalu. Kasus tersebut terbongkar Ahad (21/2) sore. Selanjutnya Gia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi. Karena orangtuanya warga Kabupaten Bekasi, Gia lalu dipindahkan ke rumah sakit Bekasi.

Menurut dr Mega, pihaknya memberikan pengawasan selama 24 jam. Metode perawatan yang diberikan adalah terapi dan obat-obatan seperti antibiotik, susu, dan obat kejang. Metode terapi seperti diajak bermain, fungsinya untuk mengobati mental Gia yang sedang labil. Adapun obat-obatan, kata dr Mega, untuk menyembuhkan sakit epilepsi atau ayan dan gizi buruk yang dideritanya.

"Sebelum masuk rumah sakit Gia kejang selama satu bulan, itu membuat sakitnya parah," katanya. "Pengobatan mungkin lama". (Tempo)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya