» » Pembongkaran Rumah tanpa IMB Nyaris Ricuh

Pembongkaran Rumah tanpa IMB Nyaris Ricuh

Penulis By on Thursday, February 11, 2010 | No comments



Bekasi - Pembongkaran ratusan rumah permanen tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sepanjang jalan Kalimalang dari Tegal Danas, Cikarang Pusat hingga Desa Cibatu, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi dibongkar secara paksa aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi, Kamis (11/2) nyaris ricuh. Warga yang terkena pembongkaran memilih mempertahankan rumah mereka.

Mereka menghadang alat berat milik Satpol PP ketika rumah mereka akan dirubuhkan. Namun, ketika Satpol PP berdialog dengan warga, mereka mau membereskan perabotan mereka dan merelakan rumahnya diruntuhkan dengan alat berat.

Ratusan warga pun panik menghadapi pembongkaran ini. Sebagian berteriak-teriak meminta petugas untuk tidak merobohkan bangunan mereka. "Saya tahu bangunan saya ini tidak ada ijinnya, namun seharusnya diberi pemberitahuan terlebih dahulu, biar kami bisa menyelamatkan barang-barang kami, " kata Umah (36), salah seorang warga setempat.

Sementara itu salah seorang warga lainnya, Drajat (45), mengaku pasrah terhadap kebijakan aparat. "Saya tidak keberatan dengan kegiatan itu, karena saya pun menyadari bangunan saya berdiri diatas tanah milik orang lain," katanya.

Drajat mengaku mengalami kerugian puluhan juta rupiah Akibat pembongkaran rumah dan kios kopi miliknya. "Saya membangunan warung ini sudah habis modal Rp 24 juta, belum termasuk barang-barang lainnya," ujarnya.

Sebelum melakukan pembongkaran paksa,Kepala Bidang Ketertiban dan Keamanan Satpol PP Kab. Bekasi,Agus Riswanto mengaku sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada masyarakat setempat pada empat hari yang lalu.
"Bahkan unsur muspida dan masyarakat setempat juga sudah mengadakan musyawarah sebelumnya dengan kami, agar mereka bisa bersiap-siap untuk pindah," ungkapnya.(PR.Com)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya